Perbedaan Seni Kriya Murni dan Seni Kriya Terapan

Seni Kriya (handycraft) adalah karya seni yang dihasilkan manusia dengan menggunakan keterampilan tangan. Seni kriya dibedakan menjadi 2, yaitu : Seni Kriya Murni dan Seni Kriya Terapan.

Perbedaan Seni Kriya Murni dan Seni Kriya Terapan

A. Seni Kriya Murni

Seni Kriya Murni adalah karya seni yang dibuat dengan keterampilan tangan yang mengutamakan nilai estetika (keindahan). Fungsinya untuk hiasan, contohnya :

Lukisan adalah suatu karya seni yang dibuat oleh pelukis untuk menggambarkan suatu objek dengan mengutamakan nilai estetikanya. Lukisan-lukisan tertua berada di Chauvet Grotte di Perancis, diklaim oleh beberapa sejarawan dari sekitar 32.000 tahun yang lalu. Lukisan itu diukir dan dicat menggunakan oker merah dan pigmen hitam dan menampakan kuda, badak, singa, kerbau, raksasa, desain abstrak dan sejenis sosok manusia mungkin parsial.

Mona Lisa, atau La Gioconda (La Joconde), adalah lukisan minyak di atas kayu poplar yang dibuat oleh Leonardo da Vinci pada abad ke-16. Lukisan ini sering dianggap sebagai salah satu lukisan paling terkenal di dunia dan hanya sedikit karya seni lain yang menjadi pusat perhatian, studi, mitologi, dan parodi. Lukisan ini dimiliki oleh pemerintah Perancis dan dipamerkan di Musée du Louvre di Paris.


B. Seni Kriya Terapan

Seni Kriya Terapan adalah karya seni yang dibuat dengan keterampilan tangan dengan mengutamakan nilai fungsional ( fungsi). Seni ini sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, contohnya :

Gerabah adalah seni kriya yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Gerabah menjadi salah satu bentuk buah karya dan sekaligus tradisi nenek moyang turun-temurun yang pernah ada dan sampai sekarang masih dipertahankan sebagai suatu keahlian penduduk setempat yang telah diakui dunia. Dulu gerabah biasa digunakan untuk menyimpan beras, garam dan bumbu-bumbuan disamping digunakan untuk tujuan memasak. Berikut adalah gambar gerabah tertua di dunia yang ditemukan di Jiangxi, Cina.

Membuat gerabah sederhana saja tidak semudah orang-orang pikirkan karena membutuhkan proses berliku dan lama. Berikut proses pembuatan gerabah :

1.      Proses Pencarian tanah liat

Butuh inspeksi yang teliti untuk mendapatkan tanah liat terbaik yang sesuai dengan kualitas standart. Tanah liat yang bagus tidak harus berasal dari desa penghasil gerabah namun berasal dari desa terdekat. Tanah liat tidak serta merta langsung digunakan tapi butuh ketelitian yang mendalam dan memastikan kalau tanah liat tidak bercampur batu-batu kecil dan kotoran.

2.      Proses Pengeringan

Setelah inspeksi, tanah liat dipotong-potong seperti kubus dan dijemur di bawah sinar matahari, butuh sekitar 3 atau 4 hari. Bila potongan kubus-kubus tersebut sudah kering, kemudian ditumbuk jadi seperti adonan tepung yang lembut dan disimpan sebelum digunakan sebagai adonan. Yang paling menarik untuk disaksikan tidak ada alat-alat modern yang mendukung dalam pembuatan gerabah, tapi lapisa-lapisan tanah liat terus ditambahkan dari jumlah adonan asli sementara para pengrajin gerabah memutar benda/alat yang digunakan sampai terbentuk benda yang diinginkan, kendati bentuknya seperti sudah jadi namun sebenarnya belum selesai, lalu ada juga pengrajin yang ditugaskan khusus untuk mendekorasi setelah itu benda/pot yang dimaksudkan dibiarkan kering di tempat yang tidak terlalu banyak kena sinar matahari.

3.      Proses Mempernis dengan minyak kelapa

Benda/pot yang sudah dipernis adalah kombinasi minyak kelapa dan dibiarkan kering sebelum di kerik/digosok dengan batu hitam atau alat-alat tradisisonal lainnya karena itu permukaannya kelihatan mengkilat dan lagi dikeringkan diterik sinar matahari dan itu butuh satu hari bahkan juga digosok halus di pertengahan siang hari untuk menambah kilauannya.

4.      Proses Pembakaran

Benda/pot siap untuk dibakar and dikumpulkan kedalam oven terbuka yang ditutupi jerami padi yang dibakar selama lebih dari 4 jam dan temperature produksinya sekitar 400 sampai 800 derajat Celsius

5.      Proses Pewarnaan

Pekerjaan terakhir adalah memilih warna yang tepat , bila warna merah tua yang dikehendaki dilapisi dengan sari biji asam dan bila warna merah jentik yang dikehendaki, cukup jentikkan dengan sekam.


Ada 3 desa penghasil gerabah yang terkenal di Lombok, sebut saja Banyumulek di Lombok Barat, Penujak di Lombok Tengah dan Penakak di Lombok Timur, masing-masing memiliki keunikan serta ciri khas tersendiri.