Manfaat - Manfaat Berpuasa dan Fungsi Hikmaknya

Siapa yang tidak sabar akan menanti bulan Puasa ini dengam penuh berkah dan berlipat ganda pahala pada bulan yang mulia. Dengan datangnya bulan Ramadhan kita juga bisa mendapatkan manfaat lainnya.

Manfaat - Manfaat Berpuasa dan Fungsi Hikmaknya


Menjelang bulan puasa Saat ini, kita bisa memanfaatkan momen bulan berkah ini untuk memulai gaya hidup sehat.

Selain mendapat pahala, ibadah puasa juga memiliki manfaat kesehatan bagi orang-orang yang menjalankannya.

Manfaat - Manfaat Berpuasa dan Fungsi Hikmaknya

 1. Membantu menurunkan berat badan

  • Berpuasa adalah cara aman untuk menurunkan berat badan. Banyak penelitian menunjukkan puasa yang terkontrol memungkinkan tubuh untuk membakar sel-sel lemak secara lebih efektif daripada hanya diet biasa. Dampak dari puasa yang terkontrol inilah memungkinkan tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi daripada gula. Banyak atlet modern yang menjalankan puasa terkontrol sebagai cara mengurangi persentase lemak sebelum bertanding.


 2. Memperbaiki sensitivitas insulin

  • Berpuasa terbukti memiliki efek positif pada sensitivitas insulin, hal tersebut memungkinkan tubuh untuk mentolerir karbohidrat (gula) lebih baik daripada jika tidak berpuasa. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setelah berpuasa, insulin menjadi lebih efektif dalam memberitahu sel untuk mengolah glukosa dalam darah.


3. Puasa mempercepat metabolisme

  • Berpuasa juga memberi waktu istirahat bagi sistem pencernaan. Hal tersebut berguna bagi metabolisme dalam tubuh untuk membakar kalori secara lebih efisien. Jika pencernaan buruk, maka akan memengaruhi kemampuan tubuh untuk memetabolisme makanan dan membakar lemak. Puasa juga dapat mengatur proses pencernaan dan meningkatkan fungsi usus secara lebih baik. Hal ini akan meningkatkan fungsi metabolisme dalam tubuh.



4. Dapat memperbaiki fungsi otak

  • Berpuasa terbukti dapat meningkatkan fungsi otak. Hal ini terjadi karena puasa meningkatkan produksi protein yang disebut brain-derived neurotrophic factor (BDNF). BDNF ini akan mengaktifkan sel induk otak yang diubah menjadi neuron baru, dan memicu produksi senyawa kimia lain yang bisa meningkatkan kesehatan saraf. Protein ini juga melindungi sel-sel otak dari gangguan yang terkait dengan penyakit Alzheimer dan Parkinson.


5. Memperbaiki pola makan

  • Berpuasa menjadi sarana latihan bagi mereka yang menderita gangguan makan berlebihan. Puasa juga memberikan kamu kesempatan untuk menetapkan pola makan yang benar karena pekerjaan dan prioritas lainnya


6. Membantu membersihkan kulit dan mencegah jerawat 

  • Berpuasa dapat membantu membersihkan kulit karena tubuh sedang bebas dari tugas memroses makanan di pencernaan. Selain itu, tubuh juga dapat lebih cepat memfokuskan energi untuk melakukan proses regeneratif pada sistem lain. Berpuasa dari fajar hingga petang telah terbukti bisa membantu tubuh membersihkan racun dan mengatur fungsi organ tubuh lainnya seperti hati, ginjal dan bagian lainnya. Baca Lainnya : Ini Pentingnya Konsumsi Susu Selama Bulan Puasa


7. Memperpanjang Usia

  • Boleh percaya atau tidak, namun ada keyakinan semakin sedikit kalian makan,maka semakin panjang usia kalian. Salah satu penyebab utama penuaan dini adalah metabolisme yang lebih lambat karena terlalu banyak makan. Jadi, semakin sedikit makan, semakin sedikit proses yang dibutuhkan pada sistem pencernaan sehingga metabolisme tubuh berjalan lebih cepat dan efisien.


8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

  • Berpuasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena bisa mengurangi radikal bebas, mengatur kondisi peradangan dalam tubuh dan mencegah pembentukan sel kanker. Jika memperhatikan seekor hewan yang mengalami sakit, ia akan berhenti makan dan malah fokus untuk beristirahat. Hal tersebut karena naluri primitif untuk mengurangi stres pada sistem internal mereka sehingga tubuh mereka dapat melawan infeksi penyakit. Anehnya, manusia adalah satu-satunya spesies yang justru mencari makanan ketika sakit, bahkan ketika tidak membutuhkannya.