APA ITU Perbedaan DA dan PA (Domain Authority dan Page Authority)

Diantara kedua DA dan PA ini mempunyai ciri khas yang berbeda dan fungsi yang berbeda. Tidak banyak orang yang tahu apa perbedaan Domain Authority(DA) dan Page Authority (PA). DA dan PA sebenarnya masih bersinggungan dan erat kaitannya dengan SEO.

APA ITU Perbedaan DA dan PA (Domain Authority dan Page Authority)

Sebab, DA dan PA ini merupakan nilai ukur sebuah situs web apakah situs web tersebut berkualitas atau tidak. Hampir sama dengan PageRank Google, DA dan PA diukur berdasarkan angka. Semakin banyak angka yang didapat, semakin bagus situs web tersebut.

Jika PageRank Google hanya memberikan angka 10 bagi yang paling bagus, Da dan PA punya range lebih besar lagi yakni sampai 100. Lalu, sebenarnya apa pengertian dan perbedaan domain authority dan page authority?

Perbedaan DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority)


Domain Authority (DA)

Domain Authority/Otoritas Domain yang biasa disingkat menjadi DA adalah sebuah Nilai ukur untuk sebuah domain situs web secara keseluruhan. DA ini akan mengukur kekuatan nama sebuah domain di mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing. Semakin tinggi nilai DA, semakin berkualitas pula situs webnya.

Ada 3 faktor yang bisa digunakan untuk menilai DA yakni:

  • Umur Domain: menunjukkan sudah berapa lama domain tersebut bertahan di internet. Semakin lama umur domain akan semakin baik sebab ini menunjukkan konsistensi pemilik dalam mempertahankan situs webnya.

  • Popularitas Domain: semakin banyak backlink atau inbound link yang mengarah pada situs web, semakin populer pula situs web tersebut. Dengan kepopuleran ini, nilai DA akan semakin tinggi karena dianggap berkualitas dan dipercaya para pengguna.

  • Ukuran Domain: faktor yang satu ini dinilai dari berapa banyak postingan atau konten yang ada dalam situs web kamu. Dengan semakin banyak postingan artikel, semakin banyak pula backlink yang masuk ke situs web. Cara ini bisa meningkatkan nilai DA.
APA ITU Perbedaan DA dan PA (Domain Authority dan Page Authority)

Page Authority (PA)

Page Authority/Otoritas Halaman yang biasa disingkat menjadi PA adalah sebuah Nilai ukur yang untuk satu halaman saja di sebuah situs web. Jadi, kalau DA mengukur kekuatan secara keseluruhan, PA mengukur kekuatan hanya satu halaman saja. PA yang tinggi menunjukkan kalau halaman tersebut sering muncul di mesin pencari.

Sebenarnya tidak ada cara khusus yang bisa dilakukan untuk meningkatkan PA. Tingginya nilai PA memang benar-benar didasarkan dari konten situs web yang berkualitas. Untuk itu, supaya PA bisa terus naik kamu harus memperhatikan konten yang original, baru, dan menarik, backlink ke halaman tersebut, dan menggunakan Alt Text Images yang disertai dengan keyword.

Selain artikel/konten yang berisi banyak keyword tapi tetap natural, kamu pun perlu memperhatikan hal lain dalam halaman ini seperti title tags, headings, struktur URL, internal link, dan sebagainya.

Bagaimana Cara Mengecek DA dan PA?

DA dan PA diukur dari range 0-100. Nilai terbaiknya adalah 100. Untuk mengetahui berapa nila DA dan PA situs web kamu, silakan coba klik link di bawah ini dan masukkan link situs web kamu dengan Cara di bawah ini.



NOTE:

Nah, bagi kalian yang hendak menaikkan ranking situs web di mesin pencari, sebenarnya DA dan PA sama pentingnya untuk dioptimalkan. Peran DA dan PA ini bisa dianalogikan seperti: DA sebagai rumah dan PA sebagai kamar. Rumah memang harus bagus, baik dari luar maupun dari dalam (ruang tamu, ruang keluarga, atau dapur), tetapi alangkah lebih bagusnya lagi kalau kamar pun sama menariknya seperti yang terlihat di bagian luar rumah. Jadi, untuk mengoptimalkan kinerja SEO, DA dan PA harus tetap berjalan beriringan.
Sumber: idseducation.com