Kenapa Mata Kucing Malam Hari Membesar?

Kenapa Mata Kucing Malam Hari Membesar? Pasti banyak yang bingung kenapa mata kucing pada malam hari bisa membesar di bola mata hitam, Pernahkah anda memperhatikan Mata kucing di siang hari dan setelah itu di malam hari. Pasti mempunyai perbedaan yang besar sekali. 

Kenapa Mata Kucing Malam Hari Membesar?

Kenapa Mata Kucing Malam Hari Membesar


Untuk menjawab pertanyaan Kenapa mata kucing malam hari membesar, simak ulasan di bawah ini.

Ini dia penjelasannya:

Kelopak mata kucing terbuka di malam hari, ketika terkena sedikit cahaya, lapisan mata yang disebut iris membuat pupil mata membesar ( hampir 90% mata makanya keliatan gede kaya bulan purnama ) sehingga kucing lebih mudah melihat cahaya. Di saat mendapat cahaya yang lebih terang, system bekerja berlawanan untuk melindungi retina, pupil mengecil dan berubah menjadi garis tipis (makanya kaya bulan sabit). 

Kucing mempunyai lapisan kristal tapetum lucidum. Lapisan ini berada di belakang retina, berfungsi sebagai penerima cahaya. Ketika cahaya jatuh di lapisan ini langsung di pantulkan kembali, cahaya lewat dua kali melalui retina. Oleh karena itu, kucing dapat melihat dengan mudah di saat cahaya hanya sedikit. Bahkan di saat gelap, di saat mata manusia tidak dapat melihat. Lapisan ini juga lah yang menyebabkan kenapa mata kucing bersinar di malam hari.

Kesimpulan:

Kucing beradaptasi karena saat malam hari, pencahayaannya kurang sehingga harus melebarkan bola matanya agar lebih jelas. Mata kucing pada malam hari akan tajam, sehingga wajar saja kucing dapat menangkap tikus di malam hari.